Header Ads

  • Breaking News

    Paparan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

    Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan kelanjutan dan revitalisasi gerakan nasional pendidikan karakter yang telah dimulai pada tahun 2010. Gerakan penguatan pendidikan karakter menjadi semakin mendesak diprioritaskan karena berbagai persoalan yang mengancam keutuhan dan masa depan bangsa seperti maraknya tindakan intoleransi dan kekerasan atas nama agama yang mengancam kebinekaan dan keutuhan NKRI, munculnya gerakan-gerakan separatis, perilaku kekerasan dalam lingkungan pendidikan dan di masyarakat, kejahatan seksual, tawuran pelajar, pergaulan bebas dan kecenderungan anak-anak muda pada narkoba.
    Selain persoalan yang mengancam keutuhan dan masa depan bangsa, Indonesia juga menghadapi tantangan menghadapi persaingan di pentas global, seperti rendahnya indeks pembangunan manusia Indonesia mengancam daya saing bangsa, lemahnya fisik anak-anak Indonesia karena kurang olah raga, rendahnya rasa seni dan estetika serta pemahaman etika yang belum terbentuk selama masa pendidikan. 
    Berbagai alasan ini telah cukup menjadi dasar kuat bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk kembali memperkuat jati diri dan identitas bangsa melalui gerakan nasional pendidikan dengan meluncurkan Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang akan dilakukan secara menyeluruh dan sistematis pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
    Foto SDsatuempatsembilan Muara Tebo.
    Pengembangan Nilai-nilai karakter yang sebelumnya sebanyak 18 di kristalisasikan menjadi 5 Nilai Karakter yaitu:
    1. Religius
    2. Nasionalis
    3. Mandiri
    4. Gotong Royong
    5. Integritas

    Di SD Rujukan 149/VIII Muara Tebo pada tahun 2017 ini 6 meri 2017 telah diadakan Paparan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Sekolah dengan Nara Sumber ibu Siti Maryani, S.Pd selaku Guru SD Rujukan 149VIII Muara Tebo yang baru-baru ini telah mengikuti Sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Batam.
    Paparan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Rujukan 149/VIII Muara Tebo diikuti oleh Kepala Sekolah dan Guru-Guru SD Rujukan149/VIII Muara Tebo.
    Diharapkan nantinya Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SD Negeri 149/VIII Muara Tebo lebih digiatkan lagi.
    Download Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) klik (unduh)
    Berikut Foto Kegiatannya:
    Foto SDsatuempatsembilan Muara Tebo.Foto SDsatuempatsembilan Muara Tebo.
    Simak Video Kegiatan Paparan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di bawah ini:

    No comments

    Tinggalkan Saran Anda untuk Website kami

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad